TOEFL oh TOEFL

| Senin, Januari 13, 2014
Apa itu toefl? Merupakan kepanjangan dari test of english for foreign language. Tes bahasa inggris yang ditujukan untuk orang yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa asing ditempatnya berdomisili, Indonesia salah satunya. Semua mahasiswa jurusan bahasa inggris pasti mengalami tes ini, ato seenggaknya tau jenis tes seperti apa ini. Pernah denger juga sih, mahasiswa dari jurusan lain, ato orang dari luar (bukan mahasiswa) butuh mengikuti tes toefl. Katanya sih untuk memenuhi salah satu persyaratan kerja mereka. Well, tes toefl bukan hanya untuk mahasiswa jurusan bahasa inggris aja ternyata. Udah dijadiin salah satu persyaratan kerja juga. Keren dong... yang ga kerennya itu, gimana para peserta bisa ngerjain, sedangkan kemampuan mereka yang makanan sehari-harinya ga ada sangkut pautnya sama bahasa inggris, bisa lulus dengan mudah? Jawabannya ya usaha keras dong. Sesulit apapun itu, kalo ada kemauan pasti ga ada yang ga mungkin kan? ;)

Saya sendiri, sebagai mahasiswa bahasa inggris semester 5 di salah satu universitas swasta di jawa barat, baru bisa ikutan tes 1 kali kemaren. Dulu waktu baru masuk tingkat 1 pas ospek pernah juga dikasi arahan tentang toefl, ada latihannya juga sih. Ngerjainnya ya asal-asalan banget. Bayangin aja, baru lulus SMA terus masuk kuliahan ospeknya dikasi latihan tes toefl. Vocab masih miskin, grammar acak2an, listeningnya juga ancur, udah deh nyerah. Mending melambaikan tangan ke kamera. Wahaha.. yang kedua juga pernah tes pas ada dari tim jakarta, lupa dalam rangka apa. Pokonya ada isu-isu kalo bisa masuk 100 peringkat dengan ikutin tes ini, kamu bisa dapet peluang kuliah diluar negeri, tepatnya Australia, selama 6 bulan dalam pertukaran pelajar. Pesertanya banyak tuh, tapi ga bikin saya patah semangat untuk ikutan. Tapi pas ngerjainnya ga seserius yang saya bayangin. Ternyata masih bisa kerjasama sama yang lain =.= pengawasnya juga ngebiarin gitu aja, asal jangan ada suara gitu. Dan alhasil, sampe sekarang kabar 100 orang pertukaran pelajar itu uadah ga ada. Hasil ujiannya juga ga di umumin. Ngibulin kayanya nih -____-
Yah, yang sudah biarlah berlalu. Sekarang udah saatnya untuk keluar dari perut ibu #eh... maksudnya saatnya menghadapi toefl yang sesungguhnyaaa +o+/ *mata berkaca2*

Lulus tes toefl emang udah jadi salah satu persyaratan untuk bisa ikutan sidang skripsi di kampus saya. Jadi kalo ga ikut tes dan ga lulus ga bisa ikut sidang skripsi. Mahasiswa tingkat akhir diwajibin ikut tes ini, tapi tingkat 3 juga bisa ikutan. Nah, karena udah tingkat 3 dan gamau ribet sama urusan-urusan ditingkat akhir nanti,  jadi  saya mendingan milih ikut tes dari sekarang. Biar ga banyak pikiran besok pas tingkat akhir, ga mau cepet-cepet botak juga gara-gara banyak pikiran.  Jhehehe..

Tes toefl gelombang 1 akhirnya ditentuin tanggal 14 desember 2013. Saya agak ragu, persiapan belom mateng, ada yang salah, mungkin apinya kurang gede ato minyaknya kurang banyak, ato bisa jadi gasnya udah abis (woy! Ini bukan masak tempe goreng!). setelah tanya-tanya temen gelombang-gelombang laut(?) yang lainnya nyusul kapan, akhirnya saya tentukan ga ikut gelombang 1. Biarin dulu deh, belajarnya masih kurang. Lagian di gelombang 1 ini saya curiga pasti banyak yang ga lulus. Dan setelah tes selesai, terus pengumuman hasil tes, bener aja tuh banyak yang ga lulus.

And now, toefl round 2 is coming. Setelah membayar pendaftaran sebesar Rp. 200.000,- ke dosen yang jadi panitianya, saya udah ngebuletin tekad. Kali ini ga akan ga lulus *0*/

4 januari 2014, jiwa saya udah diliputi semangat api yang berkobar-kobar menghadapi tes (untung ngga kebakaran =.=). Kondisi jiwa emang udah mantep, kondisi luarnya yang agak payah. Tapi dari pagi, sebisa mungkin semua hal-hal yang bisa memunculkan pikiran negatif saya pendem dalem-dalem. Ntar kalo ngeluh dikiiiiiiiiiiiiiit aja, bisa mempengaruhi konsen buat ngerjain tes. Udah aja dipempet sebisanya, senyum selebar-lebarnya, tebarin sisi positif sebanyak-banyaknya.

Well yeah, usaha positif emang selalu banyak dukungannya. Saya kebagian ruang 3. Langsung capcus nyari tempat strategis depan speaker biar pas section listening bisa kedengeran jelas. Ganyangka, kiri kanan saya 2 orang cowo yang punya powerful skill dalam bahasa inggris. Power mereka bisa saya sedot dong. Bukannya nyontek, powernya doang kok, mereka kan gatau. Wuohohohoww~..... (lupakan! Hanya dalam ilusi belaka)

Sempet bikin deg-degan juga gara-gara nunggu pengawas dari upi bandung yang ga kunjung dateng. Alesannya karena macet dijalan, jadi ngaret sejam, yang jadwal harusnya mulai jam 8 jadi baru bisa mulai jam 9. Biasa lah... we live in Indonesia maaaan!! Pada ngaret -___-

Dan ujianpun dimulai. Mwuooooo.. listeningnya listeningnyaaaaa *nyungsep* saya sempet ketinggalan perhatian beberapa nomor. Karena emang ga kedengeran ngomong apa T___T di structure section juga lumayan grammarnya, beeeeuh... apalagi reading section, vocabnya bikin saya makin miskiiiiiiiiiiiin. But overall, saya kerjain semuanya tepat waktu dan dengan jerih payah saya sendiri.

9 Januari 2014, waktunya pengumuman hasil teofl. Super ya, tesnya 2013 hasilnya keluar 2014, setaun kemudian. Wkwk.. deg-degan juga. Tapi tetep pura-pura optimis. Udah nyampe depan prodi, banyak orang berkerumun depan mading. Sayup-sayup mata saya nyari sebuah nama khas bahasa sunda dengan 2 kata nama aneh dibelakangnya. Tapi suasana ngga mendukung. Orang yang berkerumun terlalu tinggi, lagian itu waktu siang pas lagi panas-panasnya, orang pada ngeluarin bau keringet ga sedap -__- yowes saya tunggu ampe agak lowong. Pas ada kesempatan. Seuuuuutt.. bada segede gini masih bisa masuk deh. Wuohoho.. dan.. akhirnya.. hasil itu.. omaigot.. yampun.. mama.. masa sih.. pengen nangis.. nama khas sunda itu ada diurutan paling atas diruang 3. Hueeeee... *seketika melayang ke angkasa* #dzing. Oh iya, penyebutan namanya sesuai hasil dari yg terbesar sampe yg terkecil dari setiap ruangan.

Nilainya lumayan sih, patut disyukuri, tapi tidak untuk dipuaskan. Artinya meskipun sudah lulus bukan berarti belajar toefl berakhir sampe disini. Keep move forward!!! *0*/


0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲