PERBEDAAN HOW ARE YOU DAN HOW DO YOU DO

| Sabtu, Agustus 27, 2016

Bagi pemula yang belajar Bahasa Inggris pasti pernah mendengar kalimat tanya “How are you?” dan "How do you do?" dalam percakapan sederhana. Keduanya memang memiliki arti sama yaitu “Apa Kabar?”. Tapi seringkali kita bingung apa sih perbedaan penggunaannya. Kali ini aku akan bahas secara singkat, padat dan jelas.

1. How are you?
Kalimat ini biasa digunakan ketika seseorang bertemu kembali dengan teman lama dan ingin tahu bagaimana keadaan temannya tersebut. Jawaban dari kalimat ini pun beragam. Dalam situasi formal bisa di jawab dengan I am fine, I am OK, good, great, very well, pretty well, dsb. jika dalam keadaan baik, namun jika merasa sedang sakit bias menjawab dengan I don’t feel alright, not good, I am not so well, dsb. Sedangkan dalam situasi formal cukup dengan I am fine  jika baik atau I am not feeling well jika kurang enak badan. Agar tidak terlalu bngung, di bawah ini ada contoh kalimat tentang dua orang teman satu SMA yang baru bertemu kembali di bangku perkuliahan. Dan ketika bertemu kembali, mereka sok-sokan ngobrol pake bahasa Inggris gitu. Hehehe..

Arif         : is that you, Radit? (terkesima saking ngga percaya itu teman lamanya karena dia makin ganteng sedangkan dirinya sendiri mukanya datar-datar aja *jedak*
Radit      : hey, Arif! Yes, this is me, Radit! How are you?
Arif         : I am good. How about you? You look so different now.
Radit      : Thanks. I am very well. It is because we didn’t meet for a long time.
Arif         : yeah, how is your girlfriend? Is she ok?
*terus lanjut ngerumpiin cewe-cewe*
*gausah dilanjut percakapannya karena bikin step mata*

Nah, itu salah-satu contoh percakapan informal antarteman yang sudah kenal. Untuk informalnya bias kalian buat sendiri dengan suasana yang lebih formal. Percakapan antara presiden Korea Selatan dengan Presiden Indonesia, misalnya. *masih ngga kebayang*

2. How do you do?
Kalimat ini digunakan ketika seseorang bertemu dengan orang baru dan ingin menanyakan kabarnya. *ini orang baru berani amat sih, baru kenal udah ngepoin*
Jawabannya tidak sama seperti how are you yaitu seperti I am fine, great, dll. tapi tetap how do you do. Contoh percakapan:
Tina        : good morning, Lisa.
Lisa         : good morning, Tina. How are you today?
Tina        : I’m good. Thanks. Let me introduce my niece. This is Tania. She’s just arrived here with her family from Bandung. Tania, this is Lisa, my friend.
Lisa         : oh, how do you do, Tania? *salaman, berpelukan kaya teletubies*
Tania     : how do you do, Lisa?
Lisa         : are you an elementary student?
Tania     : yes, I am. And you?
*terus lanjut ngepoin biodata diri masing-masing*

Jadi intinya, meski memiliki makna sama yaitu menanyakan kabar tapi perbedaan penggunaan how are you dan how do you do adalah sudah kenalkah si penutur dengan lawan bicaranya itu.

Sekian penjelasan perbedaan kata kali ini. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲